Powered by Blogger.

Perbedaan windows dan linux

    
 1.       Hak atas kekayaan intelektual (HAKI)
Jika dilihat dari sesi HAKI, SO winsows dan kebanyakan program program aplikasiniya, kepemilikan lisensi (rata-rata berharga $200 USD) merupakan sarat mutlak untuk penggunanya
Sementara linux dan program program aplikasinya di lain pohak berlisendi gratis dan justru mendorong para penggunanya untuk menyebarluaskan perangkat lunak tersebut.

    2.       Instalasi dan kelengkapan program
Windows adalah sistem operasi, itu sebabnya windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin hanya akan menemukan internet explorer, media player, notepad, dan beberapa program kecil lainya.
Ini sangat berbeda dengan linux. Sekalipun linux juga suatu sistem operasi, tetapi linux disertai dengan banyak program didalamnya. Seelah diinstal, anda akan menemui banyak program dari hampir semua kategori program. Sebut saja kategori Office Suite, multimedia, internet, 3D, games, utility, dll
Dengan waktu isdtalasi hampir sama, anda bukan hanya mendapatkan suatu sistem operasi tetapi juga semua program yang diperlukan untuk instalasi kegiatan sehari-hari


   3.       Spyware
Spyware adalah suatu masalah yang cukup umum di dunia windows. Biasanya program spyware mengamati, mengumpulkan dan mengirimkan sebuah data kesuatu server. Untuk hal yang lebih positif, program ini biasanya dipergunakan untuk keperluan marketing. Sayangnya ada juga yang berniat buruk yaitu dengan mencuri identitas, karti kredit, dan tindakan negatif lainya. Tidak banyak program spuware yang menginfeksi linux mengingat cara kerja linux yang lebih susah ditembus. PC lunux telah menyediakan pre-instal Firewall untuk melindungi sistem anda dan bisa diaktifkan melalui pc linux control panel.

    4.       Security dan virus
Salah satu masalah utama di windows yang paling sering ditemukan adalah virus dan spyware. Dari tahun ke tahun permasalahan ini bukan semakin mengecil tetapi malah semakin membesar. Ini semua terjadi karena banyak lubang keamanan di windows yang bisa dieksplotasi oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab.
Linux diturunkan dari sistem operasi unix yang memiliki tingkat keamanan lebih kuat. Itu sebabnya tidak ada virus di linux dan kalaupun ada tidak bisa berkembang biak dengan pesat dan biasanya tidak mampu membawakerusakan yang besar. Sekalipun tidak sepenting windows, beberapa program antivirus di linux masih bisa ditemukan, seperti Clam AV dan F-Prot. PC linux telah menyediakan antivirus Clam AV yang bisa ditemukan pada menu start > application > file tools > Klam AV

   5.       Sistem file
Windows menggunakan FAT dan NTFS. Windows tidak membedakan penggunaan nama file dengan huruf besar dan kecil. Windows mengenal juga istilah drive untuk device dan partisi. Winsows memiliki my computer sebagai root, yang didalamna terdapat berbagai drive dan device. Windows juga tidak bisa membaca file sistem linux. Di sistem file, ekstansi nama file di windows memiliki peranan penting.
Sementara linux menggunakan ext2, ext3, reiserfs, xfs, jfs dan lain sebagainya. Linux dapat membaca dan menulis ke FAT32, dan dapat membaca dan menulis NTFS. Linux membedakan penggunaan huruf besar dan kecil dalam berbagai aspek penggunaan sistem operasi. Di linux, istilah drive tidak digunakan, linux mengenal direktori root, yang didalamnya terdapat berbagai direktori dan drive. Di linux, ekstansi nama file tidak memiliki peran penting.

    6.       Sistem distribusi
Windows hanya mengenali satu distribusi yaitu microsoft, sementara linux mengenal banyak distribusi yang merupakan kumpulan karnel linux, pustaka – pustaka sistem, dan software – software yang dibungkus dengan prosedur tertentu, yang membedakan antar distribusi bisa saja pada semua bagian tersebut (kernel yang berbeda versi dan pengaturan, software dan pustaka yang berbeda), termasuk prosedur pemaketanya.

    7.       Program aplikasi
Windows unggul untuk aplikasinya. Diakui bahwa microsoft office termasuk tool yagn sangat enak untuk bekerja di PC seperti menyiapkan presentasi, tulisan, laporan, agenda dll.
Linux unggul dalam aplikasi websever, proxy server, firewell, mail server, samba dll. Pada aplikasi server umumnya x-windows tidak lagi digunakan di linux, oleh karena itu linux biasanya lebih hemat resources dibandingkan degnan windows. Sementara komunitas linux juga berusaha keras untuk mengejar ketinggalan dalam aplikasi officenya dengan menggunakan staroffice yang dimemori oleh sun microsystems hardware tidak bisa bekerja linux. Hal ini bisa terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi linux. Untungnya, belakangan ini cukup banya vendor yang sudah memberikan dukungan driver linux. Dan pengalaman linux akan hardware semakin lama semakin meningkat sehingga mulai jarang terdengar permasalahan hardware di linux

    8.       Waktu pengoperasian
Sebagai SO personal workstasion, windows akan sering dimatikan apabila ditinggalkan pemiliknya untuk menghemat listrik karena tidak akan ada orang lain yang akan menggunakan komputer itu.
Sistem linux dirancang untuk bisa digunakan bersama – sama oleh banyak orang. Karena itu perlindungan berkas dan proses – proses milik seseorang terhadap orang lain menjadi porsi besar dari perhatian perancangnya. Pada sistem linux identifikasi user sangat menentukan hak akses pengguna. Karena itu akan banyak ditemui pengguna linux yang bekerja dengan user root (nama super user di dunia unix).

    9.       Menangani crash

Dibandingkan dengan winsows 95/98/ME, linus jauh lebih stabil. Namun jika mengikuti petunjuk sistemnya dengan baik, windows xp juga cukup stabil. Unix dan linus mempunyai sifat multi-user. Linux menjalankan aplikasinya secara berbeda dengan windows. Ketika suatu aplikasi terkunnci, anda dapat mematikannya dengan mudah. Cukup menekan kombinasi Ctrl + Esc, dan dapat memilih aplikasi (atau proses) mana yang bermasalah. Dan jika sistem grafis yang terkunci, bisa berpindah ke command-promp (dengan menekan Ctrl+Alt+F1) dan membunuh proses doftware secara manual. Juga tersedia pilihan untuk merestart dekstop saja dengan menekan Ctrl+Alt+Backspase. Ini berarti tidak harus melakukan reboot sekalipun sistem linux sedang mengalami masalah
Terima kasih telah membaca artikel tentang Perbedaan windows dan linux di blog Use-Shoop jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :